Saturday, June 3, 2017

Buah Kuinin: Satu Perspektif

Kuinin, nama saintifiknya ialah Mangifera odorata (Lihat World Conservation Monitoring Centre 1998 Mangifera odorata. 2006 IUCN Red List of Threatened Species) merupakan spesies tumbuhan dalam keluarga Anacardiaceae. Kuinin terdapat di Guam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Dikatakan kuinin atau Mangifera odorata berasal dari Asia tropika, khususnya Semenanjung Malaysia.
Pada masa ramai penduduk Malaysia "menggilai" buah mempelam, terutama Harumanis Perlis", kita terlupa pula sejenis buah yang hampir serupa bentuknya, iaitu BUAH KUININ (adik beradik bacang), yang sebenarnya juga SEDAP...
Musim kuini masak, hampir sama dengan musim mempelam masak. Ini mengakibatkan ia "kalah" kepada mempelam, terutamanya harumanis. 
Selain bau "harum" nya yang agak kuat, sampai mengalahkan pewangi jika kita letakkan buah ini di ruang tamu rumah, atau di dalam kereta, rasanya juga lebih "kuat" berbanding mempelam.
Berbeza dengan mempelam yang kita perlu petik di pokok, buah kuinin akan luruh sendiri jika ia telah masak. 






Laman sesawang Manfaat.co.id. (http://manfaat.co.id/manfaat-buah-kuini) memberikan maklumat berikut:
3 Manfaat Buah Kuini Bagi Kesehatan
1. Anti Kanker
Sama seperti buah mangga, buah kueni memiliki kandungan manfaat antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Dan juga yang paling penting adalah sanggup untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.
2. Indeks glikemik yang rendah.
Buah kueni memiliki indeks kandungan gula darah atau glikemik yang rendah. Itu artinya, buah kueni apabila dikonsumsi secara wajar, tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan, dan aman dikonsumsi bagi yang menderita penyakit diabetes.
3. Mengatasi Jerawat
Beberapa ahli mengatakan bahwa buah kueni dapat membersihkan pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Hal ini karena manfaat buah kuini berpotensi untuk membersihkan kulit, agar menjadi lebih cerah dan dapat menghilangkan jerawat yang mengganggu. Hal ini tentu saja akan menambah rasa percaya diri.
Manfaat Buah Kuini di dalam Kandungan Gizinya
Buah kueni memiliki kandungan nutrisi yang baik dan berguna juga bagi tubuh kita. Apa saja kandungan nutrisi dan manfaatnya? Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah kueni :
1. Serat
Buah kueni mengandung serat yang cukup tinggi. Sama seperti manfaat buah-buahan lain, serat ini sangat penting bagi tubuh kita sehari-hari. Serat dapat bermanfaat dan berguna untuk :
  • Melancarkan pencernaan
  • Mencegah terjadinya sembelit
  • Mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti gagal ginjal dan batu ginjal
  • Mengikat lemak yang masuk di dalam tubuh
2. Vitamin A
Buah kueni juga mengandung banyak vitamin A. Janganlah hanya berpikir bahwa vitamin A hanya ada pada manfaat wortel saja. Buah-buahan lain seperti kuini juga memiliki kandungan vitamijn A yang tinggi dan baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A dalam kuini :
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti rabun jauh, mata minus, mata plus, dan silindris
3. Vitamin B6
Sama seperti saudaranyayaitu mangga, buah kueni juga mengandung vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 yang ada di dalam buah kueni jumlahnya kira-kira sekitar 10%. Cukup besar bukan? Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin B kompleks yaitu vitamin B16 :
  • Meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh
  • Membantu proses pencernaan dari kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh
  • Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan dari sel-sel
4. Vitamin C
Ini dia salah satu kandungan tertinggi dari buah kueni yaitu Vitamin C. Kandungannya bisa mencapai separuh atau kurang lebih 40-50 % kandungan vitamin C per 100 gr buah kueni. Hal ini merupakan kandungan nutrisi tertinggi yang dimiliki oleh buah kueni, mangga dan bacang. Berikut ini merupakan manfaat vitamin C :
  • Meningkatkan dan menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh
  • Sebagai zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas
  • Mencegah dan mengobati terjadinya sariawan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Dapat membunuh kuman-kuman serta bakteri
5. Kalsium
Walaupun hanya sedikit, buah kueni ternyata memiliki kandungan kalsium yang juga baik untuk tubuh kita. Paling tidak, kalsium yang terkandung di dalam manfaat buah kuini dapat membantu pemenuhan kebutuhan akan kalsium setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kalsium :
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis dan keretakan tulang
  • Memperkuat struktur tulang dan gigi
  • Menambah tinggi badan
6. Zat besi
Buah kueni juga memiliki kandungan zat besi yang untuk memnuhi kebutuhan zat besi dalam satu hari. Manfaat zat besi sendiri memiliki banyak kegunaan, antara lain :
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menambah kandungan darah di dalam tubuh.
7. Fosfor
Dalam 100 gr buah kuini, kira – kira terdapat 11 mg fosfor atau sekitar 2 %. Fosfor memiliki manfaat yang berdampingan dengan kalsium yang diserap oleh tubuh, yaitu dalam hal menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi manusia.
Itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari konsumsi buah kueni. Namun perlu diingat, sama seperti buah mangga, anda harus dapat mengontrol dan menjaga agar tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Karena walaupun memiliki indeks glikemik yang rendah, tetap saja akan berpotensi mengalami kelebihan gula ketika mengkonsumsi secara berlebihan.


Laman Facebook https://www.facebook.com/resepisedapsentiasa/posts/947951015324266  pula ada memberikan satu resepi berkaitan kuinin, iaitu...

SAMBAL BUAH KUININ
BAHAN
2 biji buah kuinin yg masak ranum
3 biji cili merah
6 biji cili api
1 biji tomato di cincang
1 inci belacan bakar
sedikit garam secubit gula
CARA
1. buah kuinin kupas dipotong kecil kecil.
2.tumbuk cili merah, cili api dan belacan dalam lesung hingga lumat.
3.masukkan garam, gula, buah tomato dan kuinin.
4.tumbuk perlahan-lahan hingga separuh lumat.
5. gaul rata dengan sudu, dah siap bolehlah makan dengan nasi panas2.




Buah kuinin tua atau muda juga sedap dibuat jeruk, atau dimakan dengan sambal belacan.


Blog http://www.tiffinbiru.com/2010/05/kerabu-buah-kuini.html pula mengemukakan satu lagi masakan berkaitan kuinin, iaitu...

KERABU BUAH KUININ
BAHAN-BAHANNYA:
3 biji buah kuinin yang masak ranum
1 biji bawang besar hiris halus2
1 1/3 cawan santan
3/4 camca besar lada hitam biji, tumbuk halus
1 inci belacan
Garam dan gula secukup rasa
CARA MEMBUATNYA:
  1. Buah kuinin dicuci bersih, kupas dan hiris halus isinya, letak dalam mangkuk, masukkan sekali bawang hiris dan gaul rata. Ketepikan.
  2. Lada hitam ditumbuk halus, masukkan ke dalam santan tadi dan masukkan juga belacan hancur kan belacan tadi sehingga larut, tambah sedikit garam dan gula, kacau rata.
Tuang dalam hirisan buah kuinin + bawang hiris tadi, gaul rata dan sejukkan dalam peti sejuk selama 20 minit sebelum dihidangkan

 
Mungkinkah akan ada banyak lagi manfaat buah kuinin yang akan ditemui? Akhirnya buah kuinin akan menjadi sangat popular (yang pada masa itu pokoknya amat sukar ditemui, dan akhirnya, HARGA BUAH KUININ AKAN NAIK MELAMBUNG...

No comments:

Post a Comment