Wednesday, December 10, 2014

Kisah Satu Pemberontakan




Sumber: Majalah Asy Syari'ah, no.22/II/1427 H/2006

Sulaiman bin 'Ali Ar-Rab'i rahimahullah meriwayatkan:
"Tatkala terjadi fitnah Ibnul Asy'ats, yang memberontak kepada Al-Hajjaj bin Yusuf, maka 'Uqbah bin Abdul Ghafir, Abul Jauza' dan Abdullah bin Ghalib dari kalangan orang-orang yang seperti mereka (yakni kaum Khawarij), mendatangi Al-Hasan Al-Bashri. Mereka berkata:
'Wahai Abu Sa'id (yakni Al-Hasan)! Apa pendapatmu terhadap perbuatan memerangi orang yang melampaui batas ini (yaitu Al-Hajjaj), yang telah menumpahkan darah yang haram dan mengambil harta yang haram, meninggalkan shalat, dan berbuat ini dan itu…?'
Mereka lalu menyebutkan perbuatan-perbuatan Al-Hajjaj…[1]
Al-Hasan Al-Bashri lalu menjawab:
'Aku berpendapat bahwa kalian tidak boleh memberontak kepadanya. Karena, bila ini adalah hukuman dari Allah maka kalian tidak akan bisa menolak hukuman Allah dengan pedang-pedang kalian. Dan bila ini merupakan ujian, hendaknya kalian bersabar sampai Allah menentukan hukumnya, dan Allah adalah Hakim yang terbaik.'
Mereka pun pergi dari sisi Al-Hasan dan mengatakan:
'Apakah kita akan menaati al-'Ilj[2] ini?' Sedangkan mereka adalah orang Arab.
Akhirnya mereka ikut memberontak bersama Ibnul Asy'ats, dan mereka semua terbunuh."
(Diriwayatkan oleh Ibnu Sa'd dalam Ath-Thabaqat 7/163-164, Ad-Dulabi dalam Al-Kuna 2/121, dengan sanat yang shahih. Diringkas dari Fatawal 'Ulama Al-Kabir, hal. 36-37)




[1] Hisyam bin Hasan berkata: "Mereka menghitung yang dibunuh Al-Hajjaj dengan cara shabran (yaitu seseorang diikat lalu dibiarkan sampai mati) mencapai jumlah 120,000 orang!" (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi (no. 2220) dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih As-Sunan. Dinukil dari Fatawa Al-'Ulama Al-Kabir hal. 36)
[2] Al-'Ilj adalah sebutan untuk seorang lelaki kafir dari kalangan ajam (kalangan bukan bangsa Arab) atau lainnya, sebagaimana disebutkan dalam An-Nihayah karya Ibnu Atsir (3/286). Maksudnya, ketika Al-Hasan Al-Bashri menyelisihi hawa nafsu orang-orang Khawarij ini dan mereka tidak mempunyai hujjah untuk membantahnya, fanatik kesukuan Arab mereka menyebabkan mereka mencela nasab beliau. Dan memang ayah dan ibu beliau rahimahullah adalah hamba sahaya. (Dinukil dari Fatawa Al-'Ulama Al-Kabir hal. 37)

No comments:

Post a Comment